6 Tips Untuk Menghemat Biaya Pernikahan

Resepsi pernikahan yang sempurna adalah impian dari setiap pasangan yang baru saja mengikat janji sehidup semati untuk berbagi kebahagian bersama orang-orang terkasih. Namun ada kalanya rencana resepsi pernikahan tersebut tidak sesuai dengan yang diinginkan karena terkendala keuangan yang terbatas. Di saat seperti ini, tentu para calon pengantin akan kebingungan karena takut resepsi pernikahan yang telah mereka impikan sekian lama tidak bisa terwujud.

Jangan khawatir! The Bride Dept akan memberikan beberapa tips menghemat biaya pernikahan kamu.

  1. Gather your friends or families

Menggunakan jasa Wedding Organizer mungkin menjadi pilihan bagi kamu yang tidak mau repot untuk mengatur segala sesuatunya sendiri. Tapi menggunakan Wedding Organizer mengharuskan kamu mengeluarkan biaya yang lebih lagi. Tidak ada salahnya meminta para sahabat atau keluarga untuk membantumu dalam mengatur resepsi pernikahan. Apakah temanmu seorang fotografer? Atau seorang tukang kue? Kamu bisa memakai jasa teman-teman karena tentunya mereka akan memberikan potongan harga dan kamu bisa berdiskusi mengenai apa yang kamu inginkan untuk resepsi pernikahanmu.

  1. Memilih tempat dan waktu

Kamu tentu akan berpikir akan lebih hemat jika melakukan resepsi pernikahan di rumah. Namun hal itu belum tentu benar. Biaya dekorasi, tenda, makanan, dan perlengkapan lainnya hampir sama dengan menyewa sebuah tempat/gedung resepsi pernikahan. Dan belum ditambah dengan kerepotan lainnya di mana kamu harus membereskan rumah setelah acara usai. Saat ingin memesan tempat untuk resepsi pernikahan, tanyakanlah berapa harga yang ditawarkan untuk acara resepsi pada siang dan malam hari. Ada beberapa gedung pertemuan yang menawarkan harga lebih murah untuk acara resepsi pernikahan pada siang hari dibandingkan pada malam hari. Jika memungkinkan, hindari menyewa tempat saat bulan-bulan di mana banyak orang menggelar acara resepsi pernikahan.

  1. Undangan dan daftar tamu

Berkreasilah dengan membuat desain undangan sendiri. Ada beberapa pilihan font undangan yang sempat di share oleh The Bride Dept yang bisa kamu lihat di sini. Kamu bisa mencetak dan menyebar sendiri undangan yang kamu buat. Pergunakanlah media sosial untuk mengumumkan tempat dan waktu resepsi pernikahan. Dengan begitu, kamu tidak harus mencetak banyak undangan. Selain itu, undanglah orang-orang yang kamu pikir perlu untuk diundang. Dengan memperkecil jumlah daftar tamu, maka kamu bisa menghemat biaya undangan dan catering.

  1. Spend your money wisely

Jangan mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu yang hanya akan kamu pakai satu kali seumur hidup. Seperti gaun pengantin atau pun sepatu. Kamu bisa menyewa kebaya atau gaun pengantin di bridal salon dan jika ingin membeli sepatu, belilah sepatu yang akan kamu pakai di kemudian hari. Untuk pengantin pria, menggunakan jas buatan desainer terkenal bukan suatu hal yang diharuskan. Kamu bisa menyewa jas di tempat pengantin wanita menyewa kebaya atau gaunnya (biasanya akan mendapat potongan harga).

  1. Hunting and bargain

Hunting ke berbagai tempat memungkinkan kamu untuk mendapat beberapa alternatif yang sesuai dengan keinginan dan budget yang kamu miliki. Selain itu, jelilah dalam memilih paket yang ditawarkan. Seperti paket yang ditawarkan oleh gedung atau fotografer yang akan kamu sewa. Tanyakan beberapa hal yang ingin kamu ketahui. Jangan malu untuk melakukan tawar-menawar. Jika kamu tidak bisa tawar-menawar, bawalah teman atau kerabat yang biasa melakukan tawar-menawar dengan vendor. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan sesuatu yang Kamu inginkan dengan harga yang lebih murah. Oh ya, jangan lupa untuk rajin pergi ke wedding exhibition karena biasanya vendor memberikan diskon spesial pada event tersebut.

  1. Honeymoon

Pasangan yang baru menikah tentu tidak lepas dari yang namanya honeymoon. Kamu bisa memesan tiket atau paket honeymoon dari jauh hari dengan harga promo yang ditawarkan. Gunakanlah promo voucher yang biasa diadakan oleh beberapa maskapai penerbangan yang bekerja sama dengan sponsor lainnya. Hindari melakukan perjalanan saat peak season yang pasti membuat harga semakin melonjak.

Budget memang menjadi salah satu hal penting dalam perencanaan acara resepsi pernikahan. Persiapkanlah segala sesuatunya dengan matang dan dengan budget yang terbatas pun, your perfect wedding is not just a dream!

Sumber : The Bride Dept

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s